Ladies Traveler

Perempuan Juga Bisa Keliling Dunia


January 16, 2012

Seri Newly Backpacker (9)

Klik disini untuk membaca bagian sebelumnya

Mulailah Bergerak!!

 Rencana perjalanan udah dibuat. Terus ngapain lagi? Jangan diam saja, mulailah bergerak! Wujudkan rencanamu jadi kenyataan dimulai dari step yang paling awal.

Bikin paspor

Paspor merupakan tanda pengenal kita jika kita sedang di luar negeri. Jadi paspor itu sama dengan KTP saat sedang di luar negeri. So, buat yang masiih belum punya paspor, jika ingin traveling ke luar negeri wajib untuk bikin paspor.

Bikinnya mudah saja, kita tinggal datang ke kantor imigrasi terdekat, beli formulir pembuatan paspor, diisi dan dilengkapi semua persyaratannya. Biasanya, kalau pakai jalur umum, tiga hari kemudian kita harus datang lagi ke kantor imigrasi tersebut untuk wawancara, foto dan cek sidik jari. Dan paspor kita akan jadi satu minggu setelah kita memasukkan formulir.

And, tadaa…paspor warna hijau dengan lambang garuda di sampul depannya sudah bisa kamu gunakan untuk pergi ke seluruh penjuru dunia. 

Booking dan beli tiket pesawat

Booking dan beli tiket pesawat sangat urgent untuk dilakukan, apalagi kalau pas ada tiket murah. Waduh, harus buru-buru dibeli tuh! Tiket yang murah bisa didapat di penerbangan budget airline. Tapi biasanya budget airline tidak menyediakan bagasi gratis untuk penumpangnya. Jadi kalau misalnya kita akan menggunakan bagasi untuk barang bawaan kita, ada tambahan biayanya.

Sebelum membeli tiket pesawat pastikan kamu memang akan berangkat pada tanggal itu karena tiket murah biasanya tiket promo yang non-refundable saat kita membatalkan penerbangan kita. Saya yakin pasti kalian ogah rugi kan? Makanya, benar-benar pastikan jadwal keberangkatan kalian.

Tapi kalau kamu akan pergi ke negara yang mengharuskan kita untuk apply visa terlebih dahulu (seperti negara-negara Uni Eropa, UK, US, Aussie, Jepang, dll), jangan dulu beli tiket pesawat sebelum kita mendapatkan visa negara tersebut. Karena takutnya uang kita sudah habis untuk beli tiket, eh visanya nggak keluar, kan nyesek banget tuh! Untuk keperluan apply visa, biasanya bukti booking saja sudah cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *