Ladies Traveler

Perempuan Juga Bisa Keliling Dunia


November 30, 2015

Terbang “Gratis” dengan Garuda Indonesia, Mau???

Hallow travelers,

How are you?
Jangan bilang kalau ada yang lagi suntuk dan pengen jalan-jalan tapi budgetnya minim banget!
Emang sih, traveling itu termasuk salah satu hobi yang nggak murah. Tapi kalau kita bisa nekan budget di sana-sini hingga membuat biaya perjalanan kita berkurang drastis, ya kenapa nggak? Ya kan?

Nah, untuk nekan biaya perjalanan yang drastis itu saya akan kasih bocorannya nih travelers.
Apa? Traveling ala backpacker? Nggak lah yaw…
Nunggu sampai ada promo gila-gilaan dari maskapai? capek ya bo di-php-in! Entah kapan promo-promo tersebut akan muncul. Dan sekalinya muncul bisa setengah gila nyari harga yang beneran dahsyat! (*sering banget ngalamin hal ini soalnya…)

Trus apa dong untuk ngurangin budget traveling?

Sama seperti judul posting ini, Terbang “Gratis” dengan Garuda Indonesia!!

Wow wow wow, kalau maskapai low cost yang kadang bikin promo Rp.0 sih udah biasa ya… Tapi ini Garuda Indonesia gitu lho…

Gimana caranya???

Nih, saya kasih tahu ya… Caranya adalah dengan ngeredeem point GA Miles.
“Ya elah, ya situ sering terbang naik Garuda!! Lah untuk kita-kita yang jarang banget dan bahkan nggak pernah naik pesawat Garuda begimana dong??”

Tenang saudara-saudara, saya pun bisa dihitung dengan jari di satu tangan intensitas terbang pakai Garuda Indonesia yang mengharuskan saya untuk beli tiket. Dan itupun terjadi saat saya belum daftar sebagai Garuda Frequent Flyer (jaman dulu) / GA Miles (jaman sekarang). Saya malah ngeredeem point GA Miles saya saat saya nggak pernah terbang sekalipun dengan Garuda Indonesia (yang saya harus bayar tiketnya).

KOK BISA?
Ya bisa duoonngg… Nih ya, sekedar info, bulan Juli yang lalu saya terbang pakai Garuda Indonesia dari Belitung ke Jakarta bertiga dengan suami dan anak saya dan itu gratis!! Trus bulan Oktober yang lalu saya juga terbang dengan Garuda Indonesia dari Denpasar ke Labuan Bajo dan itu juga gratis!!

Tiket Garuda Indonesia Gratis (Redeem Point GA Miles)

Tiket Garuda Indonesia Gratis (Redeem Point GA Miles)

Pasti pada penasaran kan gimana cara saya ngedereem point GA Miles tanpa terbang sekalipun yang berbayar? Nih saya kasih tahu beberapa cara yang saya pakai selama ini agar point GA Miles kita tetap terisi walau kita nggak pernah terbang pakai maskapai kebanggaan Indonesia ini.

1. Daftar GA Miles
Yang pertama harus dilakukan adalah mendaftar di GA Miles melalui webnya di https://garudamiles.com/. Dengan daftar GA Miles secara online ini maka kita langsung berhak mendapatkan 1.000 point GA Miles sebagai ucapan selamat datang dari Garuda Indonesia. Oh iya, walaupun daftar secara online tapi Garuda Indonesia akan mengirimkan kartu GA Miles ke alamat kita kok…

2. Nulis review di TripAdvisor.
Tentu sudah pada tahu kan web tripadvisor yang menjadi salah satu rujukan bagi para travelers di seluruh dunia untuk tahu review tentang suatu tempat, baik itu hotel, restoran, ataupun tempat wisata. Tripadvisor ini sangat membantu para travelers supaya nggak salah pilih. Karena trip advisor prinsipnya dari dan untuk travelers, maka bekerjasama dengan Garuda Indonesia trip advisor memberikan reward kepada traveler (nggak harus traveler juga sih… bagi siapapun) yang menulis review di trip advisor. Reward tersebut berupa point GA Miles. Dalam satu bulan, point GA Miles maksimal yang bisa kita kumpulkan adalah sebanyak 2.250 point. Lumayan banget kan itu… Sedangkan untuk penerbangan Denpasar – Lombok atau Jakarta – Belitung hanya butuh 4.000 point GA Miles saja untuk 1 orang 1 kali route. Jadi kalau misalnya kita rajin nulis review di tripadvisor, bukan hal yang cukup sulit dalam 2 bulan kita sudah bisa terbang gratis dengan Garuda Indonesia. Tentunya travelers disini punya banyak pengalaman menginap di hotel, ke tempat wisata yang berbeda-beda ataupun tempat tempat makan tertentu. Nah kenapa itu nggak dituliskan saja di tripadvisor, ya kan? Oh iya, yang perlu diingat sebelum kita menuliskan review di trip advisor, kita harus link-in dulu akun tripadvisor kita dengan akun GA Miles. Info lengkap mengenai hal ini bisa dibaca di link ini.

Setelah nulis review di tripadvisor, point GA Miles kita nggak serta merta langsung masuk. Kita masih butuh nunggu review kita diapprove dulu sama tim trip advisor. Setelah itu, poin kita akan diakumulasikan selama satu bulan. Jadi point dari tripadvisor baru akan masuk ke akun GA Miles kita di bulan berikutnya dan itupun masuknya nggak tanggal 1 setiap bulannya, tapi sekitar tanggal 10-15-an.

3. Nulis review di Garuda Social Miles.
Sama seperti tripadvisor, kita juga bisa memperoleh point GA Miles dengan menulis rekomendasi atau menulis review atau hanya dengan mengupload foto saja. Kalau di tripadvisor dibatasi dalam satu bulan maksimal hanya 2.250 point saja yang bisa dikumpulkan, kalau di garuda social miles tidak dibatasi berapa banyak point yang mampu kita kumpulkan dalam satu bulan. Menulis rekomendasi di web ini kita akan dapat 10 point, sedangkan untuk upload foto kita akan dapat 35 point per fotonya. Lumayan banget kan untuk nambah-nambah point GA Miles. Namun saat kita nulis rekomendasi / review / upload foto di garuda social miles, kita nggak serta merta langsung dapat point. Tapi harus menunggu persetujuan dari admin garuda sosial miles. Sama juga seperti tripadvisor, sebelum kita mulai nulis rekomendasi atau review atau upload foto, jangan lupa untuk hubungkan dulu akun Garuda Social Miles kita dengan GA Miles di bagian edit profil web garuda social miles.

Untuk masalah point, serupa dengan tripadvisor, tulisan atau foto yang yang kita upload di web garudasocialmiles.com harus nunggu approval / moderasi dari pihak admin dulu. Setelah itu juga nggak serta merta langsung masuk ke akun GA Miles kita pointnya. Masih harus nunggu beberapa hari / minggu / bulan. Iya, agak nggak jelas sih mereka. Kalau tripadvisor sudah jelas kapan point GA Miles akan masuk ke akun kita, tapi kalau dari garudasocialmiles.com suka-suka adminnya aja. Pengalaman saya, bisa cepat bisa juga lambat sekali bahkan lebih dari dua bulan juga pernah. Harus extra sabar sih intinya kalau mau sesuatu yang gratisan.

4. Buat yang punya kartu kredit, bisa transfer point CC ke point GA Miles.
Kartu kredit selain berguna untuk memudahkan pembayaran, juga berguna untuk nambah-namah point GA Miles. Daripada point kartu kredit kita hangus atau kita tukar dengan hal lain yang nggak terlalu penting, saran saya sih lebih baik kita tukar dengan point GA Miles. Namun nggak semua point kartu kredit bisa ditukar dengan point GA Miles. Ada beberapa bank dengan jenis kartu kredit tertentu pointnya nggak bisa ditukar dengan GA Miles. Selain itu, antara satu kartu kredit dengan kartu kredit lainya, besarnya jumlah point yang akan kita terima jumlahnya juga berbeda-beda antara satu kartu kredit dengan kartu kredit yang lain. Nah, untuk lebih lengkapnya kartu kredit apa saja yang pointnya disa ditukar dengan GA Miles dan berapa jumlahnya, silahkan lihat disini .

Untuk penukaran point kartu kredit ke point GA Miles, yang perlu kita lakukan adalah telepon call center bank yang bersangkutan. Minta deh, semua point kita ditukar ke point GA Miles. Setelah semua proses selesai di call center, yang bisa kita lakukan adalah menunggu point tersebut masuk ke akun GA Miles kita. Sepengalaman saya, point tersebut akan masuk ke aku GA Miles sekitar 21 hari – 1 bulanan. Again, sabar ya kalau mau yang gretongan… hehehe…

That’s all cara termudah untuk ngedapetin point GA Miles ala saya. Sebenarnya masih ada beberapa cara lain sih, seperti:

  1. Menginap di hotel yang memiliki kerjasama dengan Garuda Indonesia, seperti: Swiss Bel Hotel, hotel-hotel yang masuk jaringan Aerowisata, Meritus Hotel, Regal Hotel, dan Hilton. Tapi inipun kita nggak sembarangan bisa langsung dapat point GA Miles ya. Karena bulan Juli yang lalu saya pernah menginap di Swiss Bel Cirebon, padahal saya sudah reservasi langsung ke hotelnya (nggak beli voucher di travel agent atau web booking hotel online), tapi karena saat itu saya ambil rate special offer, maka saya tetap aja nggak dapat point GA Miles.
  2. Shopping. Jujur, saya belum memiliki pengalaman sama sekali untuk urusan shopping yang bisa ditukar dengan point GA Miles. Jadi saya nggak bisa kasih gambaran gimana-gimananya. Tapi yang pasti GA Miles punya kerjasama dengan Grand Indonesia Shopping Town, Garuda Arcade (Garuda in flight shop) dan Qoo10 Indonesia.
  3. Rental Mobil. Saya juga belum ada pengalaman untuk rental mobil ditukar dengan point GA Miles. Tapi yang saya tahu Garuda Indonesia punya kerjasama dengan Avis Rent Car. Nah, Avis rent car kan ada dimana-mana tuh dan termasuk rental mobil dengan harga yang kompetitif kalau di luar negeri. Jadi untuk para travelers yang lagi di luar negeri dan ingin ngerental mobil mending ke Avis aja kali ya. Biar sekali mendayung, 2-3 pulau terlampaui. Hehehe…
  4. Tukar point Telkomsel atau Indosat. Nah kalau ini untuk pengguna kartu telepon seluler Telkomsel atau Indosat. Daripada point kita keburu hangus, mending tukar aja dengan point GA Miles. Untuk telkomsel 770 telkomsel point bisa ditukar dengan 500 point GA Miles. Sedangkan Indosat, 1375 point senyum indosat bisa ditukar dengan 100 point GA Miles.

Baiklah, itu cara lain yang bisa juga ditempuh untuk ngumpulin point GA Miles. Silahkan travelers coba satu, dua atau semuanya juga boleh.

Oh iya, satu tips dari saya, kalau mau ngeredeem point GA Miles, biar nggak rugi (duh ya, padahal ngedapetinnya udah gratis masih aja dibilang biar nggak rugi), tunggulah sampai Garuda Indonesia bikin promo diskon redeem point. Di tanggal-tanggal tertentu, biasanya sih tanggal-tanggal yang berkaitan dengan hari bersejarah seperti hari Kartini, Hari Kebangkitan Nasional, hari Kemerdekaan, GA Miles bikin promo diskon redeem point hingga sebesar 50%. Jadi misalnya untuk penerbangan Jakarta – Belitung kita butuh 4.000 point, karena lagi ada promo diskon redeem point 50% jadi point yang diredeem untuk penerbangan itu hanya sebesar 2.000 point GA Miles saja. Ini pernah saya alami saat ngeredeem penerbangan saya rute Denpasar-Labuan Bajo di bulan Oktober 2015 yang lalu. Dan it’s work! Denpasar-Labuan Bajo yang seharusnya butuh 8.000 point GA Miles tapi saat itu yang diredeem hanya 4.000 point GA Miles saja. Tapi untuk promo diskon tukar point ini diskon hanya berlaku bagi pemilik kartu GA Miles. Jadi kalau misalnya kita mau ngeredeem point GA Miles untuk orang lain (penumpang lain) maka promo diskon redeem point tidak berlaku.

Ini saya kasih bukti ya, bukan hanya sekedar janji-janji karena saya sudah menjalaninya. Eh iya, ada 1 yang kelupaan, gratis disini bukan sepenuhnya gratis hingga kita nggak perlu membayar biaya apapun untuk penerbangan yang akan kita gunakan. Biaya airport tax dan administrasi masih dibebankan pada penumpang. Tapi itu nggak terlalu mahal kok. Untuk penerbangan Denpasar-Labuan Bajo, saya waktu itu hanya nambahin Rp.180.000/pax/route. Sedangkan penerbangan Belitung-Jakarta, saya hanya kena Rp.130.000/pax/route. Nggak papa lah ya, daripada kita masih harus bayar tiket pesawat yang mahal banget, dan belum tentu juga Garuda. Ya nggak?

Senyum Bahagia karena Baru Saja Dapat Tiket Garuda Gratis

Senyum Bahagia karena Baru Saja Dapat Tiket Garuda Gratis

Wefie dengan Mbak Pramugari GA Explore Rute Denpasar - Labuan Bajo

Wefie dengan Mbak Pramugari GA Explore Rute Denpasar – Labuan Bajo

Avi, Anak Saya di Dalam Pesawat Garuda Indonesia Rute Belitung - Jakarta

Avi, Anak Saya di Dalam Pesawat Garuda Indonesia Rute Belitung – Jakarta

So, untuk travelers yang pengen banget kesana-kemari tapi tersendat dengan yang namanya harga tiket pesawat yang melambung tinggi, mungkin bisa mencoba cara saya ngedapetin tiket gratis dari Garuda Indonesia ini. Kalau berhasil, jangan lupa kasih tahu saya ya…

Jangan pernah menyerah oleh keadaan dan keterbatasan yang kita miliki. Karena selalu ada banyak jalan menuju Roma (sesuatu yang kita inginkan). Mungkin salah satunya ya dengan ngumpulin point-point GA Miles ini dengan cara yang nggak harus terbang pakai Garuda Indonesia.

Denpasar, 30 November 2015

~ladiestraveler.com

12 thoughts on “Terbang “Gratis” dengan Garuda Indonesia, Mau???

  1. dian says:

    halo kak mau tanya dong,
    kan aku jadi booker dikantor aku kalo misalkan aku masukan no garuda miles aku tapi yang terbang orang lain bisa ga? bisa menambah miles aku kah? atau aku harus terbang?

    thanks

    1. Ladies Traveler says:

      Tidak akan menambah miles kalau seperti itu mbak… Hanya nama kita sendiri yang bisa menambah miles.

  2. Alaika says:

    Aku nyesel banget dulu ga bikin Garuda Frequent Fyer yg skrg malah udh ganti nama ke GA miles, pdhl saat2 di Aceh frekuensi menggunakan pswt ternama ini sering banget, diongkosin kantor pula. Hiks… sekarang, sejak hrs beli tiket pake uang sendiri, mampunya cm yang dibawah harga Garuda. Hehe.

    Btw, thanks banget sharingnya, Mba, mau juga ah daftar/bikin GA miles online dan ikuti tipsmu. Thanks again, Mba cantik!

    1. Ladies Traveler says:

      Aww, “ditengokin” sama blogger kondang, mbak Alaika berasa gimana gitu… Hehehe…
      Kalau berhasil dapat tiket “gratis” dari Garuda kasih tau saya ya mbak.
      Terima kasih kembali sudah berkenan mampir di blog saya 🙂

  3. Life Style says:

    Duh, kudu segera daftar nih, dan ikuti tips2nya. Ternyata, tanpa beli tiket garuda, kita juga bisa ngumpulin point GA miles ya, Mba. Beneran, baru tau saya. 🙂 TFS!

    1. Ladies Traveler says:

      Bisa mbak… asal rajin nulis review aja sih intinya. Terima kasih kembali sudah baca ya mbak 🙂

  4. Lidha Maul says:

    terlalu berharga untuk tidak disimpan, makasih..makasih Mba 🙂

    1. Ladies Traveler says:

      terima kasih kembali sudah berkenan baca ya mbak 🙂

  5. cheri says:

    Gak semua tau loh,kyk aku hehe. thkyou for sharing

  6. ika says:

    Infonya sangat2 berguna bgt mba mksh ya.. 🙂
    Tp aku mau tanya donk, klo kita mau ngeredem poin nya itu gmn y? Bs online, lwt tlp atau harus dtg kkntor garuda nya?
    Trus apa kita bs tau brp poin yang bisa kita tukarkan dengan miles kita, misalnya kita mau tukar tiket dr jkt ke bdg, nah berapa poin nya yg harus digunakan utk penukaran ini taunya dr mana y? Makasih mba

  7. milla says:

    Mb aq mau tanya donk, kmaren tuh poin aq di tripadvisor 2400 trus tiba2 berkurang drastis jadi 900 dalam hitungan menit padahal g saya pake buat apa2.. kok bisa gt gmana ya?? Makasih

  8. olivia says:

    mba aku mau nanya neh :
    1. aku sudah punya point tripadvisor 3.000 an apakah bisa di masukin ke miles garuda? cara nya gimana ya?
    2. apakah setiap kali kalo mau nulis ulasan di tripadvisor
    harus masukin no.miles garuda kita dulu? atau sudah pernah 1x masukin langsung otomatis?
    thanks mba 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *