Ladies Traveler

Perempuan Juga Bisa Keliling Dunia


May 25, 2011

Seri Newly Backpacker (3)

Klik disini untuk membaca bagian sebelumnya

  • Cari info tentang visa

Visa, saya selalu takut berurusan dengan yang namanya visa atau ijin tinggal di suatu negara. Dan saya juga paling males berurusan dengan visa. Terutama kalau untuk apply visa di kedutaan negara-negara Uni Eropa atau Amerika atau Australia. Pasti urusannya bakalan panjang.

 

Anyway, untungnya paspor Indonesia tidak harus apply ataupun bayar visa jika ingin berkunjung ke Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Tapi memang ada batasan waktu. Singapura, Malaysia dan Vietnam mengizinkan WNI untuk mengunjungi negaranya secara gratis (nggak perlu bayar visa) selama 30 hari. Tapi Thailand hanya ngasih waktu 14 hari. Lumayan lah ya, daripada harus ngeluarin uang lagi untuk bayar visa? Ya nggak?

 

Lalu bagaimana dengan Kamboja? Kita harus bayar visa jika ingin berkunjung ke negara itu. Tapi visa on arrival. Jadi kalau visa on arrival itu, kita harus apply dan bayar visa saat kita sampai di negara tujuan kita. Itu bisa dilakukan di imigrasi perbatasan negara dan di bandara internasional negara tersebut. Harga visa Kamboja untuk turis yang berkunjung maksimal selama 30 hari adalah $20. Tapi kalau kita nggak bawa pas foto ukuran 4×6, kita harus nambah $1 lagi. Saya waktu itu nggak ada persiapan pas foto karena nggak tahu kalau bakalan diminta pas foto segala. Jadilah saya merelakan $1 saya ke tangan petugas imigrasi Kamboja. Makanya kalau traveling ke luar negeri jangan lupa bawa pas foto semua ukuran ya (4×6, 3×4, 2×3). Buat jaga-jaga aja, siapa tahu ada kejadian seperti itu. Kan lumayan juga $1 bisa buat beli satu es krim di Singapura daripada melayang ke imigrasi Kamboja? Ya nggak? Hehehe…ogah rugi! 😛

 

Tips#7. Setelah pasti kita ke negara mana aja untuk traveling. Langsung cek n ricek masalah visa. Hal ini bisa dilakukan dengan cari info dari internet di situs kedutaan negara yang bersangkutan yang ada di Indonesia. Kalau perlu datengin kedutaan negara itu dan tanya langsung ke petugasnya mengenai visa negara itu. Urusan visa ini sangat urgent karena menyangkut dideportasi atau nggaknya kita saat berkunjung ke nagara lain.

Klik disini untuk membaca bagian selanjutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *