Ladies Traveler

Perempuan Juga Bisa Keliling Dunia


October 09, 2011

Seri Newly Backpacker (4)

Klik disini untuk membaca bagian sebelumnya

  • Cari info akomodasi termurah

Yang harus dipikirkan selanjutnya adalah dimana kita akan menginap waktu traveling. Ada banyak pilihan. Bisa di hotel, bisa di hostel, bisa numpang di tempat teman atau saudara, bisa juga dengan cari host di situs jejaring sosial. Kalau saya sih, sangat menghindari nginep di hotel. Karena tentu saja, muahalnya amit-amit buat kantong backpacker kere seperti saya ini! So, saya berusaha untuk cari hostel termurah dan cari-cari teman yang sedang tinggal di negara tujuan traveling saya melalui situs jejaring backpacker.

 

Bui Vien (Backpacker Area), District 1, Ho Chi Minh City-Vietnam

Untuk hostel, ada beberapa situs yang menyediakan info tentang hostel-hostel yang ada di negara tujuan kita. Di situs tersebut juga dilengkapi dengan review dari orang-orang yang pernah menginap. Jadi kita bisa memilih sesuai dengan kondisi kantong dan tentunya berdasarkan review yang ada. Jangan sampai beli kucing dalam karung ya, atau jangan sampai booking hostel tanpa kita tahu keadaan hostel itu. Nah, untuk booking hostel kita harus membayar uang muka sebesar 10% dari harga hostel. Dan cara bayarnya, lagi-lagi pakai yang namanya kartu sakti itu. yah, apalagi kalau bukan credit card! Huuh, sebel deh! L Saya kan nggak punya credit card. Jadi, yang saya lakukan adalah saya mencatat alamat beberapa hostel yang cocok bagi saya. Jadi kalau misalnya satu hostel full, saya bisa pindah ke hostel lainnya yang sudah ada dalam catatan saya.

 

Hostel biasanya terletak di satu lokasi yang di-khususkan untuk para backpacker atau istilahnya backpacker area. Kalau di Ho Chi Minh City-Vietnam itu di daerah Bui Vien, sedangkan di Bangkok-Thailand ada di daerah Kao San Road dan kalau di Jakarta ada di daerah Jl.Jaksa.

 

Kalau kita menginginkan akomodasi yang gratis, kita bisa gabung di situs jejaring backpacker www.hospitalityclub.org atau www.couchsurfing.com. Jika sudah bergabung di situs tersebut, kita bisa mencari host di negara tujuan kita. Tapi nggak semua dari mereka available di tanggal berkunjung kita. Makanya pintar-pintarlah mencari host yang baik dan available. Saat Asean Trip kemarin saya sudah merasakan tinggal di apartemen host yang saya dapatkan dari kedua situs jejaring backpacker tersebut dan saya memperoleh pengalaman berbeda ketika tinggal di apartemen mereka daripada tinggal di hostel.

 

Tips#8. Carilah akomodasi termurah dan kalau bisa yang gratis! 😀 Karena saat backpacking, penginapan kita hanya kita pakai untuk tidur aja, jadi ngapain nginap di penginapan yang mahal-mahal dan nguras isi kantong kita? Mending duitnya dipake buat ke tempat wisata atau makan makanan yang layak. Ya kan?

Klik disini untuk membaca bagian selanjutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *