Ladies Traveler

Perempuan Juga Bisa Keliling Dunia


October 31, 2010

Seri Newly Backpacker (2)

Klik disini untuk membaca bagian sebelumnya

Merencanakan Rencana “Gila” (1)

Ide traveling ke 5 negara di Asean dengan hanya bermodalkan uang Rp.4 juta menurut saya ide yang teramat sangat bunuh diri. Mana cukup dengan uang segitu dipakai untuk traveling ke 5 negara. Walaupun traveling ala backpacker sekalipun! Tapi saya nggak mau mundur. Kalau ternyata uang segitu cukup, berarti akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi saya. Hanya itu yang saya pikirkan saat itu. Jadilah saya merencanakan rencana “gila” ini.

  • Membuat rute perjalanan

Saya sudah tahu saya akan ke negara mana saja untuk Asean Trip saya. Lalu saya membuat rute perjalanan. Awalnya saya ingin memulai Asean Trip saya dengan mengunjungi Singapura terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan Malaysia-Thailand-Kamboja, dan berakhir di Vietnam. Tapi ternyata ada masalah terkait dengan tiket pesawat. Jadinya saya mengubah sedikit rute perjalanan saya menjadi Vietnam-Kamboja-Thailand-Malaysia dan berkahir di Singapura. Yup, saya rasa rute ini juga oke. J

Tips#2. Segera buat rute perjalanan yang paling baik menurut kamu setelah tahu negara mana saja yang akan kamu kunjungi.

  • Cek penerbangan termurah

Yang saya lakukan pertama kali setelah membuat rute perjalanan adalah cek harga tiket pesawat dan saya mengusahakan untuk memperoleh harga pesawat yang termurah. Hal ini penting sekali untuk dilakukan di awal, saat kita merencanakan traveling. Tujuannya tentu saja untuk memperoleh info berapa harga pesawat termurah yang bisa kita dapatkan.

Saya tidak akan memberitahu kamu pesawat apa yang saya gunakan. Cari tahu sendiri lah ya. Karena kalau saya beri tahu, maskapai penerbangan itu keenakan lagi saya promosiin dengan gratis (perhitungan mode: on). Yang pasti, saya kemarin dapat tiket untuk penerbangan Jakarta-Ho Chi Minh City dengan harga Rp.460.000,00! Oh iya, kalau kamu ingin cari maskapai penerbangan yang murah, cari di search engine yang ada di internet dengan keyword “budget airlines”.

Untuk masalah tiket murah, ada beberapa maskapai budget airline internasional yang memberikan tiket pesawat dengan harga yang teramat sangat murah. Dan ada beda harga yang cukup signifikan antara tiket online dengan tiket di travel agent, padahal maskapai dan jadwal penerbangannya sama! Tapi tiket online cara belinya biasanya pakai credit card. Nah, pembayaran melalui credit card inilah masalahnya bagi traveler yang nggak punya credit card, termasuk saya. Dan ini juga satu-satunya alasan mengapa saya harus mengubah rute perjalanan Asean Trip saya.

Tips #3. Jika sudah membuat rute perjalanan, maka segeralah untuk mencari harga tiket termurah.

Tips#4. Terkadang untuk penerbangan internasional, online tiket lebih murah daripada harga tiket yang di travel agent.

Tips#5. Sebaiknya bandingkan harga tiket online dan harga tiket di travel agent karena untuk penerbangan domestik, beberapa airline memasang tarif lebih mahal di internet (tapi bedanya biasanya cuma Rp.10.000,00 aja sih…).

Tips#6. Segera booking dan beli tiket termurah yang ada karena tiket murah itu biasanya limited edition! At least tiket pesawat untuk berangkatnya dulu.

Klik disini untuk membaca bagian selanjutnya

3 thoughts on “Seri Newly Backpacker (2)

  1. Robert says:

    wah…..
    tipsnya sangat bermanfaat mbak….
    terima kasih ya…!!
    😀

  2. musta'in says:

    kalau masalh bahasa gimana Mb Vin, bekal english udah cukup kan buat trip ke negara2 asean..?

  3. bebe says:

    Wah asekkk neh jalan2 , yuk yg niat jln2 gila bareng yukkkkkk. Krn rada susah nyari tmn2 jln2 gila gini ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *