Ladies Traveler

Perempuan Juga Bisa Keliling Dunia


March 18, 2014

Tips Nyepi di Bali

Suasana Nyepi di Bali (image from: indosurflife.com)
Suasana Nyepi di Bali (image from: indosurflife.com)

Tiap tahun, umat Hindu di Bali selalu merayakan hari raya Nyepi. Nyepi yang berasar dari kata dasar Sepi, berarti ada 1 hari dimana umat Hindu tidak boleh keluar rumah, tidak boleh makan dan minum, tidak boleh bekerja, dan juga tidak boleh menyalakan lampu. Pokoknya saat Nyepi Bali layaknya pulau mati, sunyi senyap dan hening.

Saat hari raya Nyepi, tentunya seluruh umat Hindu merayakannya dengan Nyepi di rumah masing-masing. Lalu bagaimana dengan yang non Hindu? Sebagian besar umat Non-Hindu yang tinggal di pulau Bali memilih untuk meninggalkan pulau ini saat Nyepi. Biasanya mereka pulang ke kampung halamannya, atau “kabur” ke Banyuwangi / Lombok. Saya termasuk non Hindu yang tinggal di Bali, namun sejak tahun 2010 saya stay di Bali, saya belum pernah berkeinginan untuk meninggalkan pulau ini saat Nyepi. Jujur, saya suka dengan suasana Nyepi, apalagi kalau pas malam hari. Langit Bali bertaburan bintang dan rasanya bintang itu dekat sekali, ada di atas kepala kita. Indah banget deh menurut saya.

Nah, untuk yang belum pernah Nyepi di Bali tapi ingin merasakan suasana Nyepi di Bali, nih saya kasih beberapa tips biar Nyepi-mu nggak ngebosenin.

  1. Belanjalah untuk kebutuhan selama Nyepi, seperti camilan dan bahan makanan beberapa hari sebelum Nyepi, karena hari-hari mendekati Nyepi, supermarket, minimarket, dan pasar akan penuh sesak dengan orang yang juga akan belanja untuk persiapan Nyepi.
  2. Sewa atau beli buku bacaan untuk “membunuh waktu” saat Nyepi.
  3. Karena siaran TV nasional dan juga TV kabel saat Nyepi akan diputus khusus untuk area Bali, makan sewa atau beli DVD yang berguna juga untuk “membunuh waktu” saat Nyepi di siang hari. Tapi ingat, jangan nonton malam-malam, karena saat malam hari cahaya sekecil apapun bisa kelihatan dari luar, kecuali kalau traveler tinggal di dalam bunker yang nggak ada jendela dan pintunya.
  4. Jangan menghidupkan apapun saat malam hari, even itu cuma laptop, karena ya itu tadi cahaya sekecil apapun akan bisa terlihat keluar, walaupun traveler sudah tutup pintu, jendela dan tutup kelambu.
  5. Jangan sekali-kali keluar dari tempat tinggal saat saat Nyepi kalau nggak mau kena “tilang” sama pecalang.
  6. Jangan mengeluarkan suara-suara yang “heboh” kalau nggak mau kena “tilang” sama pecalang.

Apa lagi ya…

Itu dulu deh tips-nya. Nanti kalau ada yang tiba-tiba keinget, ditambahin lagi deh tips Nyepi di atas.

Okay, selamat me-Nyepi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *