Ladies Traveler

Perempuan Juga Bisa Keliling Dunia


March 28, 2014

Holiday Inn Express Bali Kuta Square: a brand new a smart hotel in Bali

Dua tahun terakhir ini banyak sekali hotel dan villa baru di Bali. Salah satunya adalah Holiday Inn Express Bali Kuta Square. Dari nama hotelnya udah kelihatan dong ya, hotel ini 1 group dengan hotel apa. Yup, Holiday Inn Express Bali Kuta Square masih satu company dengan Holiday hotel yang merupakan salah satu jaringan hotel internasional.

Persaingan bisnis hotel saat ini menurut saya sudah sangat ketat. Masing-masing group hotel memiliki strategi yang beda untuk merebut pasar, begitu juga dengan group Holiday hotel. Untuk merambah ke berbagai pasar konsumen maka beberapa group hotel membuka budget hotel atau hotel dengan harga yang lebih rendah dari standard group hotel tersebut. Tapi tidak mau ikut-ikutan dengan group hotel yang lain (membuka budget hotel), maka group Holiday hotel membuat brand baru, yakni smart hotel, hotel yang memiliki fasilitas lengkap tapi dengan harga yang terjangkau.

Selama ini orang kenalnya hotel Holiday dimana-mana minimalnya masuk kategori bintang 4, makanya biar orang nggak salah tangkap dan juga biar brand “Holiday”-nya tetap melekat, maka group Holiday hotel memberi nama smart hotelnya: Holiday Inn Express. Salah satunya yang berlokasi di Kuta Square-Bali.

Beberapa minggu yang lalu saya menginap di Hotel Holiday Inn Express Bali Kuta Square. Hotel ini berlokasi di Jl. Ciung Wanara No. 17, Br. Tegal, Kuta – Badung, Bali, Indonesia. Gampangnya, lokasi hotel ini di belakang Matahari Kuta Square. Saat baru datang di hotel ini seperti biasa saya disambut oleh senyum ramah dari reception hotel. Setelah proses check in, akhirnya saya dapat kunci kamar dan bisa beristirahat di kamar. Yang bikin saya surprise adalah hotel ini dilengkapi sistem key card di lift-nya. Jarang banget lho ada hotel yang ada sistem key card di lift-nya, even hotel bintang 5 sekalipun. Sistem key card di lift ini sangat berguna untuk meminimalisir orang-orang “ga jelas” masuk-masuk ke area kamar hotel. Merasa lebih safe kan tinggal di hotel ini.

Pas nyampe di kamar, seperti budget hotel pada umunya, luas kamarnya nggak terlalu besar, mungkin sekitar 20 meter square. Tapi yang bikin surprise adalah walaupun kamarnya nggak terlalu luas, tapi fasilitas dalam kamarnya lengkap lho, jadi saya berasa nginep di hotel bintang 4 karena fasilitas dalam kamarnya komplit. Ada lemari, which is biasanya lemari dihilangkan di budget hotel (lower price hotel) lainnya (dan hanya dikasih tiang untuk gantungan baju dan hanger). Budget hotel menghilangkan lemari karena adanya lemari akan “memakan” tempat, sedangkan mereka berusaha sebisa mungkin meminimalisir penggunaan lahan supaya jumlah kamar bisa lebih banyak. By the way, pas buka lemari, isinya nggak cuma hanger aja, ada senter juga! Waduh, ini mah super duper lengkap, pihak hotel sudah mengantisipasi kalau-kalau tamunya butuh senter. Trus ada apa lagi di dalam kamar hotel ini, pastinya kasur dan TV ada dong ya. Kasurnya King Koil, dijamin nyaman deh! Bantalnya ada 4, 2 soft dan 2 lagi firm. Puas deh tuh untuk perang bantal! Hehehe… Selain lemari, kasur dan tv, di dalam kamar juga ada kulkas (tapi ga ada isinya) dan heater untuk bikin air hangat yang lengkap dengan teh, kopi, gula dan creamer-nya. Oh iya, sandal hotelnyapun beda. Nggak sama seperti sandal hotel pada umumnya. Sandal hotel Holiday Inn Express Bali Kuta Square bahannya lembut dan modelnya yang menutupi semua bagian depan kaki. Wah, ini mah fasilitas dalam kamarnya benar-benar sudah setara hotel bintang 4.

Kamar Hotel Holiday Inn Express Bali Kuta Square (maaf berantakan karena keburu anak saya lompat-lompat di atasnya)

Kamar Hotel Holiday Inn Express Bali Kuta Square (maaf berantakan karena keburu anak saya lompat-lompat di atasnya)

Kamar Hotel Holiday Inn Express Bali Kuta Square

Kamar Hotel Holiday Inn Express Bali Kuta Square

Kamar Hotel Holiday Inn Express Bali Kuta Square

Kamar Hotel Holiday Inn Express Bali Kuta Square

Selesai dengan isi kamar, kita beralih ke dalam bathroom atau kamar mandi. Closet duduk, shower, wastafel. Standard lah ya. Tapi yang lebih dari standard adalah, ada toilet amenities khas hotel dan hair dryer! Oh my, kadang hotel bintang 3 sekalipun menghilangkan hair dryer dalam fasilitas bathroom-nya, tapi ini hotel yang masuk kategori lower price hotel, nyediain hair dryer untuk para tamunya. Salute!

Bathroom Holiday Inn Express Bali Kuta Square

Bathroom Holiday Inn Express Bali Kuta Square

Hal lain yang saya perhatikan saat menginap di hotel adalah breakfast. Saya selalu menilai breakfast dari segi keragaman menu yang disajikan, pelayanan karyawannya, kebersihan restorannya dan tentu rasa masakannya. Pas nginep di hotel ini, saya bangun kesiangan karena semalamnya sampai subuh habis begadang sama suami (you know lah ya ngapain aja… Hehehe…), jadi saya nggak segera ke restoran hotel untuk breakfast. Entah hotel tersebut lagi sepi atau memang kebiasaan hotel untuk teleponin kamar-kamar yang belum breakfast, yang pasti saat itu saya ditelepon dari pihak restoran hotel yang menanyakan kenapa saya nggak breakfast. Uuuhh, perhatian banget siihhh… Pas sampai di restorannya, menu breakfastnya cukup beragam untuk ukuran lower price hotel, ada Indonesian breakfast, cereal, berbagai macam roti, kue, buah, yoghurt, dan juice. Untuk segi rasa, lumayan lah ya. Dan waktu itu suami saya nggak sempat breakfast karena harus urus kerjaan, karyawan hotel nyiapin beberapa menu dan diantar ke kamar supaya kalau suami saya selesai urus kerjaan, dia bisa tetap makan juga.

Untuk hal fasilitas hotel, seperti hotel pada umumnya di Bali, Holiday Inn Express Bali Kuta Square memiliki fasilitas seperti meeting room dan kolam renang. Kolam renangnya ada di lantai teratas hotel atau bahasa kerennya rooftop swimming pool. Kalau saya, jujur suka sekali dengan kolam renang yang di atas atap gitu karena saat berenang kita bisa melihat pemandangan sekeliling kita. Dan karena posisi kolam renang di atas, kita juga bisa melihat sebagian pantai Kuta. Fasilitas lain yang nggak umum dimiliki oleh hotel sekelasnya adalah fitness room! Tapi sayangnya waktu saya menginap disana, fitness roomnya masih under construction, jadi saya belum bisa nyobain deh…

Kolam Renang Holiday Inn Express Bali Kuta Square

Rooftop Swimming Pool Holiday Inn Express Bali Kuta Square

Rooftop Lounge Holiday Inn Express Bali Kuta Square

Rooftop Lounge Holiday Inn Express Bali Kuta Square

Over all, saya cukup puas menginap di Holiday Inn Express Bali Kuta Square. Hotel ini benar-benar tahu semua yang dibutuhkan oleh tamunya. Sesuai jargonnya, Stay smart is get what you need.

So, Stay Smart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *