Ladies Traveler

Perempuan Juga Bisa Keliling Dunia


July 27, 2013

Bali, from Coast to Coast

Bali, saya rasa orang Indonesia pasti tahu tentang pulau ini. Ya, walaupun mungkin mereka belum pernah menginjakkan kaki ke pulau yang paling terkenal di seantero penjuru negeri ini, setidaknya mereka pernah mendengar cerita tentang keindahan pulau Bali. Bahkan di luar Indonesia, Bali lebih terkenal daripada Indonesia-nya sendiri.

Anyway, ngomong-ngomong soal Bali, tahun ini adalah tahun ketiga saya menetap sebagai salah satu penduduk Bali. Keliling pulau Bali dari utara ke selatan, barat ke timur sudah beberapa kali saya lakukan. Bali memang sarat dengan wisata budaya, alam dan juga kuliner. Saya suka sekali dengan alam. Baik alam yang berupa pegunungan ataupun laut. Berkeliling pulau Bali tak lepas dari wisata alam yang berupa laut atau pantai. Jika kita ke arah utara, barat, timur, ataupun selatan pulau Bali pasti akan bertemu yang namanya pantai. Nah, saya akan membahas beberapa pantai yang ada di selatan pulau Bali.

Pantai Tanjung Benoa

Jika kita memulai penjelajahan ke pantai-pantai area selatan pulau Bali, saran saya ada baiknya jika mulai dengan menuju pantai Tanjung Benoa. Hamparan pasir yang bersih dan juga laut yang biru di pantai ini sangat sayang untuk dilewatkan jika kita berkunjung ke Bali. Selain keindahan pantainya, Pantai Tanjung Benoa juga sangat terkenal dengan wisata permainan air. Para wisatawan bisa melakukan watersport di pantai Tanjung Benoa ini.

Jika kita ingin bermain watersport di Tanjung Benoa ada baiknya jika membeli voucher watersport secara online karena kalau on the spot harga permainan watersport akan sangat mahal. Ada banyak permainan watersport di Tanjung Benoa, seperti: snorkeling, diving, banana boat, sea walker, flying fish, donut, parasailing, glass bottom boat ke pulau Penyu. Voucher watersport semua permainan itu bisa didapatkan / dibeli di www.melalibali.com.

Parasailing di Tanjung Benoa-Bali

Parasailing di Tanjung Benoa-Bali

Rolling Donut di Tanjung Benoa-Bali

Rolling Donut di Tanjung Benoa-Bali

Pantai Tanjung Benoa-Bali

Pantai Tanjung Benoa-Bali

Waterblow

Setelah puas bermain watersport di pantai Tanjung Benoa, saatnya menyusuri area Nusa Dua. Di dalam area Nusa Dua ada pantai umum yang bisa dikunjungi semua wisatawan. Nah, waterblow ini merupakan salah satu spot yang menarik dikunjungi yang termasuk dalam area pantai Nusa Dua.

Apa sih yang menarik dari Waterblow? Jadi waterblow sebenarnya bukan pantai yang berpasir, tapi pantai yang berkarang. Karangnya besar-besar. Karena selalu dihantam air laut, karang bagian bawahnya berlubang. Kalau ada ombak yang cukup keras maka air laut akan menyembur ke atas membentuk seperti “waterblow”. Begitu ceritanya.

Beberapa orang yang ke waterblow, sengaja berdiri di area yang dekat dengan “waterblow”. Kalau “waterblow” terjadi maka mereka akan basah kuyup kena air laut. Mungkin menurut mereka hal itu menyenangkan. Tapi kalau saya disuruh begitu, ogah banget! Hehehe…

Jalan menuju Waterblow, Nusa Dua-Bali

Jalan menuju Waterblow, Nusa Dua-Bali

Waterblow, Nusa Dua-Bali

Waterblow, Nusa Dua-Bali

Pantai Pura Geger

Puas bermain di area Waterblow-Nusa Dua dan sekitarnya. Saatnya berpindah ke area yang lebih tinggi. Cobalah untuk setia, eh salah… Cobalah untuk berjalan ke arah Hotel Mulia. Disamping hotel Mulia ada pantai, namanya pantai Geger. Tapi bukan pantai Geger ini yang saya maksud, melainkan pantai Pura Geger.

Kalau kita dari Nusa Dua, maka yang akan kita temui terlebih dahulu adalah jalan masuk ke pantai Geger, setelah itu hotel Mulia. Nah dari hotel Mulia, jika ingin ke pantai Pura Geger, maka harus jalan terus. Nanti ada pertigaan kecil yang ada penunjuk jalannya yang menunjukkan lokasi pantai Pura Geger.

Pantai Pura Geger ini salah satu secret beach yang baru dipermudah aksesnya untuk umum. Jalan masuk menuju pantai ini dan tempat parkir kendaraan baru diperbaiki.

Untuk menjangkau pantai Geger kita harus menuruni beberapa anak tangga yang tidak terlalu tinggi. Nggak bakalan ngos-ngosan kok untuk bisa ke pantai ini buat yang punya berat bada ideal. Kalo yang berat badannya overweight sih ga tau ya… Soalnya berat badan saya sih lumayan ideal (manurut saya. hehehe…).

Pantai Pura Geger memiliki pasir yang bersih (banget), ombak yang tenang dan tebing yang berlubang. Komposisi itu pas banget buat kita tidur-tiduran di atas pasir sambil menikmati alunan suara alam. Dijamin deh, bakalan betah “leyeh-leyeh” di pantai Pura Geger. Kalau menurut saya, pantai Pura Geger ini sama dengan pantai Padang-Padang sebelum terkenal karena jadi lokasi shooting film Eat, Pray, Love yang dibintangi Julia Roberts.ย  Pantai Pura Geger juga pas banget buat main air laut atau berendam dan berenang karena ombaknya sudah terpecah di tengah laut sebelum sampai ke bibir pantai. Pokoknya pantai Pura Geger TOP deh! ๐Ÿ™‚

Pantai Pura Geger

Pantai Pura Geger

Pantai Pandawa

Setelah puas bermain-main di pantai Pura Geger, saatnya untuk beralih ke pantai berikutnya, pantai Pandawa. Dari pantai Pura Geger, kita menuju jalan utama lalu menuju arah hotel Nikko. Setelah itu kita akan menemui jalan yang belum diaspal. Jangan putar balik, karena memang benar itu jalannya. Lewati saja jalan yang belum diaspal itu, toh juga cuma sedikit. Setelah jalan yang belum diaspal itu kita lewati, akan ada jalan besar yang aspalnya mulus banget. Terus lewati jalan itu. Nanti di tengah-tengah jalan itu ada jalan ke kiri, sebelum Bali Cliff. Tenang aja, ada penunjuk jalan pantai Pandawa yang ukurannya besar, jadi kesempatan untuk nyasar bisa diminimalisir. Ikuti saja penunjuk jalan yang ada, dijamin pasti akan sampai ke pantai Pandawa.

Pantai Pandawa ini dulunya salah satu secret beach yang lokasinya berada dibalik bukit kapur. Untuk mempermudah akses ke pantai Pandawa, maka beberapa bagian bukit kapur tersebut dengan sangat terpaksa harus dibelah, dipotong dan diiris (halah!). Pemandangan nan eksotik akan terlihat saat cuaca sedang cerah di jalan menuju pantai Pandawa. Paduan bukit kapur yang dibelah, jalan beraspal, birunya air laut dan birunya langit akan memberikan pesona yang luar biasa bagi siapapun yang melihatnya.

Jalan menuju pantai Pandawa

Jalan menuju pantai Pandawa

Jalan menuju pantai Pandawa (sayang lagi mendung waktu kesana)

Jalan menuju pantai Pandawa (sayang lagi mendung waktu kesana)

Eksotisme pantai Pandawa (Image from: twicsy.com)

Eksotisme pantai Pandawa (Image from: twicsy.com)

Anyway, di bukit pantai Pandawa ada salah satu sisi yang dilubangi dan diisi patung sebagai ucapan terima kasih untuk berbagai pihak yang telah membantu akses ke pantai Pandawa menjadi mudah. Banyak pengunjung yang berfoto di depan patung-patung berukuran raksasa itu.

Pantai Pandawa sendiri lokasinya di bawah tebing. Sama seperti pantai Geger atau pantai Pura Geger, ombak pantai Pandawa juga tenang karena sudah terpecah di tengah. Cocok sekali kalau mengajak keluarga (walaupun banyak anak kecil) untuk bermain di pantai ini.

Pantai Pandawa cocok untuk liburan keluarga karena selain memiliki ombak yang tenang, pantai Pandawa cukup luas, jadi kalau anak-anak mau main pasir, ada space yang cukup buat mereka. Selain itu, fasilitas di pantai Pandawa juga sudah lengkap. Banyak kursi tidur lengkap dengan payungnya yang bisa disewakan untuk wisatawan. Orang jualan juga sudah banyak. Kalau saya paling suka makan jagung bakar di pantai ini. Asal jangan lupa sampahnya dibuang pada tempatnya ya travelers, supaya keindahan pantai ini tidak tercemari dengan perilaku buruk pengunjungnya.

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa

Aktifitas yang bisa dilakukan di pantai Pandawa ya apalagi kalau bukan “leyeh-leyeh” di kursi tidur sabil menikmati keindahan alam, berendam atau berenang di laut. Eh tapi, disana juga ada yang menyewakan kanoe. Jadi kalau mau sedikit olahraga, bisa menyewa kanoe dan keliling di pinggir-pinggir laut.

Kalau untuk anak-anak, berkunjung ke pantai Pandawa akan jadi aktifitas yang mengasyikkan. Mereka bisa bermain pasir laut membuat istana pasir. Orang tua bisa tenang membiarkan anak bermain di pantai tanpa penjagaan yang ekstra ketat karena pantai ini termasuk dalam kategori “friendly beach” (istilah ini saya bikin sendiri).

Itu ulasan beberapa pantai yang menarik untuk dikunjungi jika kita manyusuri pesisir selatan pulau Bali. Bali bagus ya…

2 thoughts on “Bali, from Coast to Coast

  1. Dulu waktu ane tinggal diNusa dua sering banget main ke Pantai ini. Masi sepi and asik tux nongkrong. Itu tahun 2003 an. ane di Bali dr thn 91 – 2004. Terakhir ksana tuh pantai dah susah dicari krn banyak Hotel. Kalo turun di BTDC agak jauh jg ke arah pantai geger. ane kl pergi lewat Swiss-Grand Bali, dulu namanya Swiss-BelHotel Resort Bali Aga (ane dl kerja dsini), dr sini ngelewatin Bali Golf and Country Club, terus lagi, ntar tu pantai diseblah kanan agak masuk ke dalam. tp info terkininya ngga tahu gan.itu ancar2 jalan nya aja.

  2. keke naima says:

    jalanan menuju pantai pandawa itu unik ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *