Ladies Traveler

Perempuan Juga Bisa Keliling Dunia


April 01, 2010

Semangat Backpackernya Orang Bule

Masih dari rangkaian Asean Trip saya. Saat bulan Februari 2010 kemarin saya mengunjungi 5 negara Asean, pemandangan bule-bule muda, baik itu perempuan ataupun laki-laki yang menggendong carrier merupakan pemandangan sehari-hari saya. Sebagian besar dari mereka (yang berhasil saya ajak ngobrol) berasal dari negara-negara Eropa dan Amerika.
Saya awalnya berpikir bahwa bule-bule yang traveling ala backpacker itu hanya anak-anak mudanya saja. Tapi ternyata pikiran saya itu salah. Saat saya sedang sight seeing di Kuala Lumpur dan sedang menikmati roti telur (seperti roti canay, tapi ada campuran telurnya) di kantin stasiun (apa ya…? Saya lupa, pokoknya tempatnya di deket national mosque deh) saya melihat pemandangan yang lebih dari biasanya. Mau tahu apa?

backpacker

Saya melihat sepasang suami istri bule dengan anak yang berusia (mungkin) 7 dan 4 tahun. Mereka memasuki kantin tempat saya makan dan memesan beberapa menu makanan. But, you know, yang apa bikin spesial dari pemandangan itu? Mereka juga sedang traveling ala backpacker!! Orang tua kedua anak tersebut sama-sama menggendong carrier ukuran 75 liter!! Sedangkan anak yang berumur 7 tahun menggendong tas ransel (seperti tas ransel untuk ke sekolah) dan anak yang berumur 4 tahun digendong oleh sang ayah. Unbelievable!! Saya sampai melongo memperhatikan mereka saking takjubnya.

Kebayang nggak sih gimana ribetnya traveling sama anak kecil? Pasti riweuh banget kan? Harus nyediain space khusus untuk baju-baju mereka di carrier atau koper kita, terus kita juga harus ready dengan makanan dan minuman mereka tiap kali mereka mau makan. Masih belum lagi kalo anak-anak itu sedang rewel. Fiuuhh, jadi nggak bisa nikmatin jalan-jalannya kan? Tapi mereka mau melakukan semua itu dan mereka juga traveling ala backpacker (ransel), bukan ala suitcase (koper)! Salut deh untuk bule itu… 🙂
Saya jadi mengambil kesimpulan bahwa traveling ala backpacker merupakan salah satu habit orang bule. Apa yang saya alami itu, juga memberikan pemikiran baru dalam diri saya. Yaitu semua orang bisa traveling ke negara manapun yang dia inginkan walaupun itu dengan budget yang minim sekalipun. Entah itu orang muda, separuh baya, orang tua, orang kurus, orang gendut, orang yang lagi hamil, bahkan satu keluarga juga bisa traveling ala backpacker kalau mereka mau.
So tunggu apa lagi travelers, siapkan ranselmu dan pergilah ke tempat yang kamu inginkan. Hei, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena akan banyak pengalaman berharga yang telah menantimu disana. 🙂
Bogor, 31 Maret 2010 17:21
In the name of traveling,
~Okvina Nur ‘Ladies Traveler’ Alvita

2 thoughts on “Semangat Backpackernya Orang Bule

  1. Miftahgeek says:

    mantapz.. Barudak Blogor juga bukan neh… gabung yuk..

  2. Okvina Nur Alvita says:

    makasih…
    Iya, baru mau gabung sama blogor. padahal nge-blog udah dari dulu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *