Ladies Traveler

Perempuan Juga Bisa Keliling Dunia


March 29, 2010

How to Go Siem Reap from Phnom Penh

Untuk bisa sampai ke Siem Reap kalau kita dari Phnom Penh, kita harus naik bus dulu. Harga bus paling murah dari Phnom Penh ke Siem Reap itu $4/orang. Tapi ini jarang banget ada travel yang bisa ngasih harga segitu. Saya saja waktu itu beruntung sekali punya teman sesama traveler, tapi dia dari US, dia yang ngasih tahu saya travel mana yang paling murah. Nama travelnya Mobile Travel. Travel ini berlokasi di depan sungai Mekong. Jadi, kalau anda berjalan dari national museum, saya sarankan untuk menyusuri street 178. Setelah sampai di ujung jalan ini yang di depannya adalah sungai Mekong, anda belok kiri. Di depan café … (maaf saya lupa namanya) ada satu kios yang namanya Mobile Travel. Nah, kios inilah yang menjual tiket ke beberapa kota tujuan di Kamboja dengan harga yang paling murah. Di travel ini kita juga bisa langsung booking hotel di tempat tujuan kita nanti. Anda bisa memilih hotel sesuai dengan budget anda.

Perjalanan dari Phnom Penh-Siem Reap sekitar 6 jam dengan kondisi bus yang tidak terlalu bagus (Maklum, harganya murah. Tapi yang penting ada AC-nya lah ya soalnya panas di Kamboja itu sangat menyengat dan debunya juga ampun-ampunan karena jarang sekali turuh hujan disini). Tapi kalau untuk para backpacker, saya rasa masih sangat enak sekali menempuh perjalanan dengan bus ini. Dan bukankah setiap satu dolar yang keluar dari kantong kita sangat berharga artinya bukan? Jadi walaupun hanya beda satu dolar, berusahalan untuk memilih yang termurah dan mengenyampingkan “ego kenyamanan” kita. Trust me, di luar negeri kita akan lebih hati-hati dalam mengeluarkan uang kita walaupun hanya satu dolar.
Anyway, tidak ada perjalanan malam untuk bus jurusan Phnom Penh-Siem Reap ini. Jadi kita tidak bisa menggunakan salah satu prinsip backpacker yang menggabungkan pengeluaran transportasi dan penginapan menjadi satu. So mau nggak mau kita harus mengeluarkan uang ekstra untuk penginapan. Setelah sampai di “terminal” (mengapa saya beri tanda kutip diantara kata terminal? Karena menurut saya tempatnya sangat tidak layak kalau disebut sebagai terminal) Siem Reap anda harus menyewa tuk-tuk untuk mengantar anda ke penginapan anda. Kalau saya sih waktu itu, dijemput tuk-tuk hotel karena sudah termasuk dalam fasilitas hotel, mau tau apa nama hotel saya? New Riverside Hotel. Harga sewa kamar $12/night untuk 2 orang. Fasilitas yang saya dapatkan juga sangat lengkap. Kamar twin bed, AC, kulkas, TV, bath tube, hot-cold water, free breakfast, free tuk-tuk penjemput, dan swimming pool… 🙂 Murah kan jika dibandingkan dengan fasilitas yang kita dapat?
Saya yakin, satu-satunya alasan mengapa para turis mengunjungi Siem Reap adalah untuk berwisata ke Angkor Wat. Nah, untuk ke Angkor Wat anda harus menyewa tuk-tuk karena Angkor Wat itu sangat besar dan tidak memungkinkan Anda berjalan kaki mengelilinginya. Harga sewa tuk-tuk untuk satu hari mengelilingi Angkor Wat sebesar $15 (tuk-tuk bisa diisi maksimal 6 orang, kan lumayan murah kalau $15 dibagi 6 orang) saat weekday dan $25 saat weekend. Apabila tukang tuk-tuk meminta imbalan lebih dari itu, Anda tinggal tawar saja harga yang dia minta. Yang pasti standar untuk sewa tuk-tuk satu hari adalah segitu. Oh iya, saat tawar-menawar harga jangan lupa untuk menegaskan pada tukang tuk-tuk seharian itu kita akan dibawa ke candi mana saja karena kalau anda minta pergi ke candi yang diluar kesepakatan, biasanya tukang tuk-tuk akan minta uang tambahan. Dan kalau anda ingin menikmati sunset di Angkor Wat, anda juga harus bilang sebelumnya pada tukang tuk-tuk saat tawar-menawar, karena ya itu tadi, kalau anda mintanya di akhir, anda pasti akan kena charge tambahan. Sedangkan untuk bisa masuk ke Angkor Wat, Anda harus membayar $20 untuk one day visit atau $40 untuk three days visit atau $60 untuk seven days visit.
Oke, selamat traveling ke Siem Reap. Have a save trip ya… 🙂
Bogor, 29 Maret 2010 13:16
~Okvina Nur Alvita

9 thoughts on “How to Go Siem Reap from Phnom Penh

  1. etikush says:

    eh, ke kamboja aman, kan…..

  2. Okvina Nur Alvita says:

    aman kok… 🙂

  3. alrisjualan says:

    Sedapnya hidup bisa jalan-jalan. Saya cita-citanya begituh..
    Salam
    http://alrisblog.wordpress.com

  4. Emily says:

    aman kok… 🙂

  5. fitria says:

    mbak boleh minta intenary nnya ngga??
    selama di cambodia
    tq

  6. hello,
    kebetulan Sept 2011 nanti saya ada rencana ke HCMC-PP
    boleh tanya ..untuk bus dari HCMC-PP dan sebaliknya, yang paling murah apa ya?

    thanks

  7. Yoan says:

    Hai mbak,

    terima kasih sekali, link yang saya temukan ini sangat membantu. Kebetulan saya ada rencana ke Kamboja tanggal 22-25 maret nanti. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan kalau boleh :
    1. Saya baru berencana ke siam reap setelah 1 hari di Phnom Penh, apakah aman kalau saya baru membeli bus di phnom penh? atau perlu jauh2 hari?
    2. Karena memang tidak ada perjalanan malam, jadi saya akan baru sampai siam reap pada siang hari. Untuk masuk ke angkor wat akan rugi rasanya. Punya saran nggak mbak kemana aja kita bisa berkunjung di siam reap? Karena setelah saya lihat2 ko tidak banyak yang bisa dikunjungi di siam reap…

    Terima kasih banyak ya mbaakk….

    1. Ladies Traveler says:

      Hai juga Yoan…
      1. Bus ke Siem Reap dari Phnom Penh bisa langsung dibeli on the spot kok… jadi nggak perlu jauh-jauh hari sebelumnya. Ada banyak pilihan bus tergantung harganya. Kalo mau amannya sih beli sehari sebelumnya aja.
      2. Aku di Siem Reap juga cuma ke Angkor Wat aja… 😀

  8. Lutfi says:

    Dulu rute perjalanan saya bangkok – siem reap – phnom phen. Di siem reap tour sehari ke angkor wat sama danau Tonle Sap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *