Ladies Traveler

Perempuan Juga Bisa Keliling Dunia


March 20, 2010

Jadi Backpacker Yuukkk… :)

Backpacker

Gak kerasa ternyata sudah 10 hari saya backpacking. Ternyata gini tho yang namanya jadi backpacker itu… Campur aduk rasanya! Ada seneng, sedih, capek, bingung, stress, bête, tapi yang pasti adalah amazing… Pengalaman backpacking pertama yang tidak akan pernah terlupakan pastinya… 🙂

Sebenarnya, jadi backpacker “bukan saya (Vina) banget”. Semua orang juga tahu, dengan style saya yang cewek banget dan feminin abis, rasanya semua orang juga akan meragukan saya jadi backpacker. Banyak banget komentar seperti ini:
“Hah, elo? Mo jalan-jalan ala backpacker?”
“Gak yakin gw orang kayak lo mau jalan-jalan ngegembel!”
“Kalo cewek lain yang jadi backpacker sih gw percaya, tapi lo??”
Jujur, saya juga awalnya juga meragukan diri sendiri… Apa iya ya saya bisa??
Adalah Irvan yang memperkenalkan plus “mengotaki” saya pada dunia perbackpackeran. Waktu itu, kami, sesama mahasiswa duafa, tapi tetep pengen jalan-jalan, merencanakan untuk keliling Jawa-Bali-Lombok. Tapi saya berpikir, dengan budget yang sama tinggal nambahin dikit, kenapa nggak sekalian keliling Asean aja? Toh sekarang berkat “kebaikan” salah satu maskapai penerbangan, semua orang bisa terbang kemanapun dia mau kan?
Anyway, saya waktu ngusulin Asean trip ke Irvan, yang terpikirkan hanyalah mengunjungi 3 negara saja (Thailand, Malaysia dan Singapore). Tapi “gilanya” Irvan malah merencanakan backpacking ke 5 negara sekaligus! Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia dan Singapore. Saya hanya bisa mengiyakan, walaupun agak ragu juga sih… Ragu apakah budget segitu cukup untuk semua kebutuhan pokok selama traveling. Tapi setelah survey + searching sana-sini, saya jadi yakin kalau budget segitu cukup pas banget. Jadilah rencana “gila” (menurut sebagian orang) ini semakin matang. Saya awalnya yakin banget karena saya akan pergi dengan Irvan yang mengerti sekali tentang seluk beluk perbackpackeran. Tapi di akhir-akhir tanggal keberangkatan yang telah ditentukan, Irvan mengundurkan diri, yang artinya adalah saya harus fight sendiri dengan semua yang sudah terencana.
Jujur, saya awam sekali dengan yang namanya “budget traveling” semacam ini. Bisa dikatakan kalau saya nekat “menceburkan diri” di dunia yang sangat baru bagi saya. Terlebih lagi, saya yakin, bahkan teramat sangat yakin sekali kalau hanya 0,0000… sekian orang Indonesia yang cukup punya keberanian untuk melakukan budget traveling. Dan saya “terpaksa” untuk masuk di dalamnya.
Sebelum menjalani backpacking pertama saya, saya sempat merasakan yang namanya was-was dan takut. Tapi yang terpenting adalah bagaimana cara kita untuk mengatasi rasa takut yang ada pada diri sendiri. Dan ternyata saya bisa juga ya jalan-jalan ala “ransel” 🙂
Bangkok, 13 Februari 2010
~Okvina Nur Alvita

6 thoughts on “Jadi Backpacker Yuukkk… :)

  1. okvina says:

    mantab! pertama backpacker langsung ke luar negeri, sendirian pula!two thumbs dah!:)

    oya aku juga pernah baca travelers’ tale, bagus! tapi kalau pengen baca yang keliling asia (banyak asia tenggara ama selatan sih, hehe) coba cari “the journey”-nya gola gong, kayanya blm ada di referensi buku yg udah km baca:D

    oya tukeran link ya vin:P

    salam backpacker!

    (noe-dari wordpress)

  2. Okvina Nur Alvita says:

    saya nggak sendirian kok… tapi berdua sama temen cewek saya, namanya Nisun.

  3. afgan says:

    —Semua orang juga tahu, dengan style saya yang cewek banget dan feminin abis, rasanya semua orang juga akan meragukan saya jadi backpacker—

    SAYA PERCAYA KOK, HAHAHAHAHA…

    GILA LO VIN!!
    ntar gw minta tips n trik nya yak! gw beraninya cuma sebatas pulau jawa aja kemarin,itupun rame2.. sial gw dikalahin cewek!

  4. syafroni says:

    luar biasaaaa… saya juga anak baru nih di dunia backpackers.
    silahkan add fb atau YM saya di hogwarts89@yahoo.com

  5. ido sitorus says:

    boleh tau ga brp dana ke singapur malaysia bangkok?? soalnya sy jg mo bekpekeran dgn dana minimalis.
    tq

  6. Jadi backpacker itu benar-benar bisa menumbuhkan keberanian. Mantapz banget baca perjalanan ladies traveler. Semoga bisa segera menyusul untuk backpacker-an. Boleh minta advise nya ga buat backpacker pemula?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *