Ladies Traveler

Perempuan Juga Bisa Keliling Dunia
Cerita Traveling | Eropa

Finally, menginjakkan kaki juga di Eropa

May 11, 2009

tanggal 6 mei saya akhirnya berangkat dari jakarta menuju jerman. setelah menempuh perjalanan kurang lebih 14 jam by flight (belum termasuk transit 1 kali di singapura) akhirnya saya sampai juga di Frankfurt, Germany. saya sampai di jerman pukul 6 pagi (waktu jerman). saya benar-benar gak nyangka bisa menginjakkan kaki di Eropa…

sampai di frankfurt saya dijemput oleh teh mira dan mas heri. trus saya diantar ke wisma indonesia di frankfurt. di wisma indonesia kami, delegasi dari indonesia disambut dengan hangat oleh 2 orang indonesia yang sedang menempuh studi S1 dan S3 di Jerman. menyenangkan rasanya bertemu dengan orang indonesia di negeri orang dan saya merasa seperti di rumah sendiri.

hari pertama dan hari kedua saya di jerman saya habiskan untuk mengunjungi beberapa landmark di frankfurt + sungai rheine dan menyiapkan culture performance untuk international brunch at the iswi. sebenarnya saya sangat capek, tapi saya sangat menikmatinya dan Alhamdulillah kegiatan tersebut juga dapat mengusir jetlag.

satu hal yang membuat saya tidak terbiasa adalah di jerman matahari baru tenggelam jam 9 malam, so saya seringkali merasa pukul 8 malam di jerman seperti pukul 4 sore di indonesia. so, saya merasa waktu malam hari sangat cepat.

hari ketiga saya di jerman saya berangkat menuju Ilmenau untuk mengikuti ISWI 2009. dari frankfurt ke Ilmenau saya naik kereta dan saya harus berganti kereta sampai 4 kali karena kereta yang saya tumpangi bukan kereta ekspres, so capek bgt… mana bawaan juga banyak bgt lagi… kebayang dong 4 kali harus naik turun kereta, mana kalo antara 1 kereta dengan kereta yang berikutnya beda jalur,, kan harus pake jembatan bawah tanah n it means,, aku harus naik turun tangga dengan membawa koper n tas punggug yang beratnya minta ampun dah!

akhirnya saya sampai juga di ilmenau, tepatnya di universitas teknologi ilmenau lalu saya dapet host mahasiswi ilmenau. dia baik, n selama saya tinggal di flat-nya dia tinggal di flat pacarnya cz dia cuman punya satu bed. hal yang serupa juga dilakukan oleh host lain (dapet dari cerita temen2 partisipant lain).

trus tadi (10 mei 2009), ada acara international bruch, acara itu intinya adalah culture exchange n food exchange. di acara tersebut delegasi dari indonesia berhasil menampilkan 2 macam kesenian tradisional dari indonesia (tari saman, angklung dan mapag sunda) dan menyuguhkan beberapa makanan ringan khas indonesia, and everyone enjoy it.

yes, that´s all my experience in germany from 7-10 may 2009. another experience I´ll also share for u soon.

oh ya satu lagi,, saya merasa kulit muka saya selama di jerman jadi lebih halus,, trus saya disini mandi 2 hari sekali karena disini dingin bgt n saya gak pernah keringetan. mataharinya hangat tap gak bikin keringetan trus kalo misalnya ada angin, anginnya tuh dingin n seger bgt…so, sejak saya sampai di jerman hingga sekarang saya tidak pernah merasakan yang namanya keringetan n mungkin itu juga yang membuat kulit saya lebih halus disini… hohoho

Ilmenau-Germany, 11 Mei 2009

~Okvina Nur Alvita

1. Hi hi,

sorry kl tb2 nulis begini, soalnya gw tadi search di google ttg tinggal di ilmenau, eh ketemu blog lu.

nama gw julie, keterima kuliah di ilmenau. jadi gw maret ini mo ke ilmenau, rencananya mo lsg aja dr frankfurt ke ilmenau. tahu ga naek kereta express ke ilmenau itu ambil dari mana yah?

dr airport, gw bs jalan kaki ga ya ke train stationnya…?

1. Dari frankfurt naik kereta ICE (kereta ekspress di jerman) yang jurusan Erfurt. Kalo udah sampai di Erfurt naik kereta lokal (seperti KRL ekspres) ke Ilmenau.
      Just fyi ICE kalo dibeli langsung di Jerman harganya akan teramat sangat mahal, jadi lebih baik beli di travel Indonesia.
      Dari airport ke stasiun bisa gempor ga karu2an kalo jalan kaki. Naik subway aja dari airport, bisa langsung turun di hbf frankfurt kok.
      Untuk lebih amannya, coba hubungi PPI Jerman (Frankfurt) deh. Daripada nyasar 😀

2. Dear Okvina,

Ketemu blog ini pas lagi nyari train ticket dari Erfurt ke Ilmenau. Kebetulan aku mo ikutan ISWI juga tahun ini, dan bakal berangkat bulan mei. Boleh tolong dijelasin rinci ga perjalanannya+travel expensenya ksana dr pesawat, airport-train station Frankfurt, Frankfurt-Erfurt, Erfurt-Ilmenau… maaf yah klo jadi ngerepotin… =D

Also, apa kamu sempet kontak KBRI di Jerman (actually I don’t know where is it located in Germany. If Yes in Frankfurt, did you contact them?)

Dan apa aja kali yah yang kmu mau share soal ISWI… hehehe… Makasih ya, salam hangat, Tuhan Berkati =)